Nama : Dewi
Purwaningsih
Kelas :
3DB11
Npm :
31111966
HASIL
WAWANCARA DENGAN KARYAWAN TOKO ‘WAROENG BOLA’
Dewi : Apa
nama ukm ini ?
Dimas :
waroeng bola. Kita mengambil nama waroeng bola karena kita menjual berbagai
macam peralatan bola disini.
Dewi : Apa
saja yang dijual disini?
Dimas : Kita
menjual berbagai perlengkapan/aksesoris bola disini. Ya, misalnya baju bola,
sepatu,tas dan lain-lain.
Dewi :
Bagaimana sistem penjualan ditoko ini?
Dimas : Kita
buka 2 toko. Satu disini(pondok kelapa) satu lagi di pondok gede. Cara
pemasaran produk kita melalui media sosial, misalnya twitter. Karena twitter
itu salah satu media sosial yang sangat membantu dalam mempromosikan suatu
barang. Kita tinggal mempromosikan barang-barang yang ada ditoko kita nanti
banyak pembeli yang minat, lalu menghubungi kita. Selain itu kita juga sering
mengadakan kuis di twitter.
Dewi :
Contoh kuisnya? Tujuan adanya kuis tersebut?
Dimas :
Misalnya ada pertandingan bola terus kita ngasih pertanyaan berapa skor dari
pertandingan bola tersebut. Untuk pemenang kuis tersebut biasanya kita kasih
satu baju bola. Tujuannya selain untuk promo juga untuk menarik
pelanggan/pembeli biar penasaran dan tertarik untuk datang ke toko kita.
Dewi : Siapa
saja pelanggan ditoko ini?
Dimas :
Umum. Pelanggan kita hampir disemua kalangan. Baik anak-anak, dewasa dan orang
tua. Prioritas itu orang dewasa terutama laki-laki. Karena kebanyakan penyuka
bola itu laki-laki. Biasanya mereka kisini mencari perlengkapan bermain bola
atau mencari aksesoris club bola kesukaan mereka.
Dewi :
Bagaimana cara perosedur penjualan disini?
Dimas :
Disini barang diambil dari distributor. Barang yang diambil kita jadikan
dispaly ditoko. Tetapi sebagian stock lainnya kita simpan. Selain itu toko kami
juga menerima pesanan untuk perlengkapan bola yang diinginkan pelanggan dari
mulai ukuran dan model.
Dewi :
Bagaimana cara pemesanan produk disini ?
Dimas :
Pelanggan yang memesan barang disini harus memastikan barang yang dipesannya
dulu disini. Lalu menyerahkan spesifikasi barang disini. Kami memperbolehkan
untuk pelanggan membayar dp awal dahulu atau tidak untuk memastikan pemesanan.
Setelah itu kami meminta nomer yang dapat dihubungi untuk mengontak pelanggan
tersebut. Setelah barang ready kita mengabari ke pelanggan tersebut. Lalu pelanggan
akan mengambil ke toko kami atau mentrasfer uang untuk melunasi barang tersebut
dan kami akan mengirim barang tersebut ke tujuan dimana pelanggan inginkan.
Dewi :
Berapakah perikiraan omset dalam jangka waktu satu tahun?
Dimas :
omset yang kita dapatkan sekitar Rp 20.000.000 karena usaha kita ini belom
terlalu besar dan baru memiliki satu cabang.
Kesimpulan :
setelah saya mewawancari ukm tersebut saya menyimpulkan bahwa ukm ini adalah
salah satu ukm yang termasuk baik dalam sistem penjualannya. Diamana toko
tersebut tidak mempersulit untuk pemesanan barang yang pelanggan inginkan.
Sistem penjualan dan pemasaran yang digunakan juga tidak rumit. Dimana setiap
pelanggan yang membeli barang disini di data untuk database penjualan di toko
ini. Dan setiap pelanggan yang memesan barang disini tidak pernah kecewa karena
barang yang diinginkan selalu memenuhi pesanan.
(DFD setelah rangkuman kedua)
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking