Donderdag 17 Oktober 2013

HASIL WAWANCARA UKM

Nama : Dewi Purwaningsih
Kelas : 3DB11
Npm : 31111966

HASIL WAWANCARA DENGAN KARYAWAN TOKO ‘WAROENG BOLA’
Dewi : Apa nama ukm ini ?
Dimas : waroeng bola. Kita mengambil nama waroeng bola karena kita menjual berbagai macam peralatan bola disini.
Dewi : Apa saja yang dijual disini?
Dimas : Kita menjual berbagai perlengkapan/aksesoris bola disini. Ya, misalnya baju bola, sepatu,tas dan lain-lain.
Dewi : Bagaimana sistem penjualan ditoko ini?
Dimas : Kita buka 2 toko. Satu disini(pondok kelapa) satu lagi di pondok gede. Cara pemasaran produk kita melalui media sosial, misalnya twitter. Karena twitter itu salah satu media sosial yang sangat membantu dalam mempromosikan suatu barang. Kita tinggal mempromosikan barang-barang yang ada ditoko kita nanti banyak pembeli yang minat, lalu menghubungi kita. Selain itu kita juga sering mengadakan kuis di twitter.
Dewi : Contoh kuisnya? Tujuan adanya kuis tersebut?
Dimas : Misalnya ada pertandingan bola terus kita ngasih pertanyaan berapa skor dari pertandingan bola tersebut. Untuk pemenang kuis tersebut biasanya kita kasih satu baju bola. Tujuannya selain untuk promo juga untuk menarik pelanggan/pembeli biar penasaran dan tertarik untuk datang ke toko kita.
Dewi : Siapa saja pelanggan ditoko ini?
Dimas : Umum. Pelanggan kita hampir disemua kalangan. Baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Prioritas itu orang dewasa terutama laki-laki. Karena kebanyakan penyuka bola itu laki-laki. Biasanya mereka kisini mencari perlengkapan bermain bola atau mencari aksesoris club bola kesukaan mereka.
Dewi : Bagaimana cara perosedur penjualan disini?
Dimas : Disini barang diambil dari distributor. Barang yang diambil kita jadikan dispaly ditoko. Tetapi sebagian stock lainnya kita simpan. Selain itu toko kami juga menerima pesanan untuk perlengkapan bola yang diinginkan pelanggan dari mulai ukuran dan model.
Dewi : Bagaimana cara pemesanan produk disini ?
Dimas : Pelanggan yang memesan barang disini harus memastikan barang yang dipesannya dulu disini. Lalu menyerahkan spesifikasi barang disini. Kami memperbolehkan untuk pelanggan membayar dp awal dahulu atau tidak untuk memastikan pemesanan. Setelah itu kami meminta nomer yang dapat dihubungi untuk mengontak pelanggan tersebut. Setelah barang ready kita mengabari ke pelanggan tersebut. Lalu pelanggan akan mengambil ke toko kami atau mentrasfer uang untuk melunasi barang tersebut dan kami akan mengirim barang tersebut ke tujuan dimana pelanggan inginkan.
Dewi : Berapakah perikiraan omset dalam jangka waktu satu tahun?
Dimas : omset yang kita dapatkan sekitar Rp 20.000.000 karena usaha kita ini belom terlalu besar dan baru memiliki satu cabang.

Kesimpulan : setelah saya mewawancari ukm tersebut saya menyimpulkan bahwa ukm ini adalah salah satu ukm yang termasuk baik dalam sistem penjualannya. Diamana toko tersebut tidak mempersulit untuk pemesanan barang yang pelanggan inginkan. Sistem penjualan dan pemasaran yang digunakan juga tidak rumit. Dimana setiap pelanggan yang membeli barang disini di data untuk database penjualan di toko ini. Dan setiap pelanggan yang memesan barang disini tidak pernah kecewa karena barang yang diinginkan selalu memenuhi pesanan.

(DFD setelah rangkuman kedua)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking